Gudang Rongsokan dan 4 Rumah Terbakar di Mojokerto Api Diduga Berasal dari Anak Kecil Main Masak-masakan

Mojokerto.Mediarepublikjatim.com-Kebakaran terjadi di Dusun Sidorame RT 2 RW 4, Desa Gunungan, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Rabu (26/6/2024) diduga dari gudang rongsokan (barang bekas, red). Api diduga berasal dari anak-anak warga sekitar yang bermain masak-masak di dekat gudang rongsokan.

Sekitar pukul 09.30 WIB ada empat anak kecil bermain masak-masakan telur di depan pintu sisi barat. Mereka menggoreng telur dengan bahan bakar kertas dan kayu dekat gudang rongsokan. Api tersebut diduga menyambar isi gudang rongsokan dan cepat membesar hingga merembet ke empat bangunan rumah lainnya.

Warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun api dengan cepat menjalar ke empat rumah di sebelah gudang. Tidak hanya memadamkan api warga juga bahu-membahu menyelamatkan barang berharga dari empat rumah tersebut. Sedikitnya enam unit mobil Pemadam Kebakaran (PMK) diterjunkan ke lokasi kebakaran.

Kepala Desa (Kades) Gunungan, Sadi menjelaskan, kebakaran diduga ada tiga anaka kecil sedang bermain masak-masakan dengan menggunakan korek api di dekat lokasi kejadian. “Kemungkinan karena cuaca panas dan hembusan angin, api dari permainan anak kecil tersebut menyambar tumpukan rongsokan plastik,” ungkapnya.

Api dengan cepat membakar tumpukan rongsokan tersebut dan menyambar rumah di samping gudang rongsokan tersebut. Karena api semakin membesar akhirnya warga pun panik dan lansung menghubungi pihak perangkat desa yang diteruskan pihak Pemadam Kebakaran (PMK) untuk meminta bantuan pemadaman.

Saat kejadian, mereka sempat meminta pertolongan pada tetangga sekitar, namun api sudah membesar. Gudang rongsokan itu milik Kusnandar, gudang rongsokan ludes terbakar. Gudang rongsokan yang terbakar berjajar dari timur ke barat dan saling berdempetan. Sehingga api merembet dengan cepat ke rumah yang lain,” katanya.

Keempatnya yakni rumah yang terbakar tersebut milik Anam menghadap utara, rumah Ebi, Slamet menghadap selatan, serta gudang rongsokan milik Sunadar dan rumah sang ayah Gunari leter L menghadap barat dan utara. Kebakaran terjadi, kata Kades keempat rumah dalam kondisi kosong karena ditinggal kerja dan membantu ke rumah tetangga.

“Bapak-bapak di sini kan banyak kuli ke luar desa dan ibu-ibunya membantu kerabat mereka menggelar hajatan sekitar 50 meter dari lokasi kebakaran. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya kerugian material saja. Ada enam unit mobil PMK yang datang ke lokasi, dari Mojokerto dan Gresik,” jelasnya

Sebelumnya, kebakaran hebat terjadi di Dusun Sidorame RT 2 RW 4, Desa Gunungan, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Rabu (26/6/2024). Api membakar sedikitnya satu gudang rongsokan (barang bekas, red) dan empat rumah warga di kawasan pemukiman padat penduduk tersebut.(her)